Sunday 22 January 2017

Jenis-Jenis Gerbang Logika beserta Simbol, Tabel Kebenaran, Persamaan Boolean, dan Data Sheet

Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal asukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Gerbang-gerbang logika merupakan dasar untuk membangun rangkaian elektronika digital. Suatu gerbang logika mempunyai satu terminal keluaran dan satu atau lebih terminal masukan. Keluaran dan masukan gerbang logika ini dinyatakan dalam kondisi HIGH (1) atau LOW (0). Dalam suatu sistem TTL level HIGH diwakili dengan tegangan 5V, sedangkan level LOW diwakili dengan tegangan 0V. Oke berikut ini adalah jenis-jenis gerbang logika yang ada dan sering digunkan:
1. AND 
Gerbang AND akan berlogika 1 atau keluarannya akan berlogika 1 apabila semua masukan/inputannya berlogika 1, namun apabila semua atau salah satu masukannya berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 0.

Simbol dan Persamaan Boolean AND

Tabel Kebenaran AND

Data Sheet AND

2. NAND
Gerbang NAND akan bernilai / outputnya akan berlogika 0 apabila semua inputannya bernilai 1 dan outpunya akan berlogika 1 apabila semua atau salah satu inputannya bernilai 0.
Simbol dan Persamaan Boolean NAND

Tabel Kebenaran NAND

Data Sheet NAND
3.OR
Gerbang OR akan berlogika 1 apabila salah satu atau semua inputan yang dimasukkan bernilai 1 dan apabila keluaran yang di inginkan berlogika 0 maka inputan yang dimasukkan harus bernilai 0 semua.
Simbol dan Persamaan Boolean OR

Tabel Kebenaran OR

Data Sheet OR

4.NOR 
Gerbang NOR merupakan gerbang logika yang outputnya akan berlogika 1 apabila semua inputannya bernilai 0, dan outpunya akan berlogika 0 apabila semua atau salah satu inputannya inputannya berlogika 1.

Simbol dan Persamaan Boolean NOR

Tabel Kebenaran NOR

Data Sheet NOR

5.NOT 
Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (Inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputannya.
Simbol dan Persamaan Boolean NOT

Tabel Kebenaran NOT

Data Sheet NOT
6.BUFFER 
Gerbang BUFFER atau PENYANGGA adalah suatu gerbang digital yang akan berfungsi memperkuat dan meneruskan nilai 1 pada outputnya jika inputnya bernilai 1, selain itu akan bernilai 0.

Simbol dan Persamaan Boolean BUFFER

Tabel Kebenaran BUFFER

Data Sheet BUFFER

7.XOR 
Gerbang XOR merupakan kepanjangan dari Exclusive OR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila semua inputannya berbeda, namun apabila inputannya sama maka akan memberikan output berlogika 0.
Simbol dan Persamaan Boolean XOR

Tabel Kebenaran XOR

Data Sheet XOR

8.XNOR
Gerbang XNOR merupakan kepanjangan dari Exclusive NOR yang mana keluarannya akan berlogika 1 apabila semua inputannya sama, namun apabila inputannya berbeda maka akan memberikan output berlogika 0.
Simbol dan Persamaan Boolean XNOR

Tabel Kebenaran XNOR

Data Sheet XNOR

Itulah 8 gerbang logika yang sempat saya paparkan pada postingan kali ini, semoga dapatbermanfaat kepada kawan-kawan sekalian, sekian dan terima kasih 

9 comments:

  1. terima kasih telah berbagi informasi tentang gerbang logika.

    ReplyDelete
  2. terimakasih sudah berbagi ilmu tentang Gerbang logika ini. Sangat bermanfaat bagi kami siswa SMK. Semoga berkah ilmu anda.

    ReplyDelete
  3. interupsi admin.. ada sedikit kesalahan pada tabel kebenaran gerbang logika not
    jika input 1 maka keluarannya 0
    jika input 0 maka keluarannya 1
    terimakasih atas ilmu yg dibagikan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Makasih min, sangat bermanfaat ilmunya, semoga sukses terus ya

    ReplyDelete